Stok Berantai yang Efektif Kunci untuk Menyenangkan Pelanggan dan Menciptakan Nilai Pemangku Kepentingan

Perusahaan perlu fokus pada memaksimalkan nilai dalam rangkaian rantai pasokan dari kegiatan yang saling terkait untuk memindahkan produk atau layanan dari titik asalnya ke pelanggan. Ini adalah hubungan yang terlibat dalam memberikan produk atau layanan yang paling produktif bagi pelanggan dan bisnis. Sangat penting untuk manajemen operasi dan penting untuk memberikan produk yang konsisten dan berkualitas tinggi tepat waktu kepada pelanggan, dan untuk menciptakan nilai bagi bisnis.

Setiap Tautan Memberikan Nilai untuk Pelanggan

Aktivitas rantai mulai dari mengakses bahan baku atau sub komponen, hingga memberikan produk atau layanan akhir kepada pelanggan. Walmart adalah pedagang grosir dan pengecer dalam rantai pasokan besar. Semakin banyak pihak yang terlibat, semakin besar kemungkinan masalah:


produsen bahan baku> produsen komponen>

pabrik dan pabrik perakitan> grosir> pengecer


Di mana pun Anda duduk dalam rantai, Anda akan bergantung pada seseorang untuk mengirimkan bagian atau produk Anda pada waktu tertentu. PrimeTime Co Ltd, (Perdana), produsen komponen dalam rantai pasokan industri mobil, duduk di tengah. Manajemen menyetujui kontrak dengan pabrik perakitan, AutoCo, untuk memproduksi dan mengirimkan 100 unit setiap hari. Kontrak Prime termasuk klausul penalti untuk pengiriman yang terlewat. Unit harus dikirimkan pukul 16:00 setiap hari atau Prime akan membayar AutoCo biaya waktu henti menunggu kiriman-downtime Prime dihitung berdasarkan formula tertentu termasuk biaya overhead AutoCo.

Aplikasi praktis

Prime memberi AutoCo dua nama untuk dihubungi kapan saja tentang masalah produksi dan kualitas, termasuk peningkatan produksi dan penjadwalan ulang pengiriman. Dengan persetujuan, AutoCo memiliki spesialis kualitas sendiri di situs di Prime ketika Prime membuat bagian untuk AutoCo. Spesialis itu memiliki persetujuan akhir pada kualitas barang yang dapat diterima. Ini bekerja dengan baik karena hubungan transparan yang sangat baik antara kedua perusahaan.

AutoCo memberi Prime jadwal pengiriman tentatif setiap bulan. Pada pukul 6:00 pagi setiap hari, Prime mengakses sistem pemesanan AutoCo untuk melihat persyaratan aktual untuk hari itu. Sistem ini membutuhkan ketelitian, dan Prime memantaunya setiap jam. Prime melihat ini sebagai tantangan besar sehingga manajemen menyediakan sumber daya yang dibutuhkan dan perhatian yang cermat terhadap orang-orang dan proses. Sistem ini telah bekerja dengan baik selama beberapa tahun dengan kepatuhan 99%.

Menjawab tiga pertanyaan di awal: Apa yang di-outsource, kepada siapa, dan kapan? Selanjutnya, pastikan rantai memiliki setidaknya empat fitur berikut:

Ciri-ciri Mitra yang Dibutuhkan

    Tautan yang sangat terlihat dipahami oleh setiap peserta: Sistem ini sebagus tautan terlemah. Anda mungkin grosir, tetapi Anda harus merasa nyaman dengan masing-masing segmen dan memahami kemungkinan risiko kegagalan di tautan yang berbeda. Dalam beberapa bisnis, risiko ini lebih penting daripada yang lain. Penundaan mungkin terlalu mahal bagi pelanggan untuk menangkap manfaat outsourcing yang signifikan.


    Kolaborasi untuk memberikan hasil yang dapat diterima di seluruh: Berkolaborasi tidak mudah. Salah satu masalah penting adalah penyelarasan insentif. Prime memiliki insentif besar untuk memenuhi tepat waktu karena tingginya biaya downtime AutoCo. Model ideal untuk kolaborasi yang sukses adalah pembagian manfaat dengan mitra. Kolaborasi menjadi lebih rumit ketika negara, budaya, zona waktu, dan perbedaan lainnya ada. Namun demikian, kerja sama sangat penting.


    Fokus permintaan pelanggan alih-alih permintaan produksi melalui rantai: Perusahaan pemimpin (Walmart, atau AutoCo) perlu membuat mitra sadar akan kebutuhan pelanggan dan mendorong mereka untuk menambah nilai pada produk jadi. Kesadaran ini dapat meningkatkan daya saing dari seluruh rantai dan memberikan manfaat tambahan bagi setiap peserta.


    Komunikasi yang transparan dan bermanfaat di sepanjang rantai: Komunikasi membuat anggota mengikuti perkembangan yang berdampak pada kontribusi mereka terhadap rantai. Selain itu, komunikasi yang bermakna memungkinkan anggota untuk merespons dengan cepat peluang dan tantangan.

Risiko Gangguan Dapat Meniadakan Manfaat

Pada akhir 1990-an, saya menjadi Wakil Presiden Pemasaran untuk Bauksit, Alumina, dan Bahan Kimia Khusus dari mantan perusahaan saya Alcan Inc. (sekarang bagian dari Rio Tinto), dan menjelajahi bagian-bagian outsourcing rantai pasokan kami. Namun, risiko gangguan potensial terlalu tinggi, jadi kami tidak melanjutkan. Keputusan ini menghasilkan pelajaran penting: kadang-kadang, kita harus mengabaikan manfaat outsourcing yang signifikan karena kemungkinan gangguan yang rendah dapat menghancurkan sistem keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *